Rapat Kordinasi Inovasi Pengelolaan Berita Di Masyarakat

24 Januari 2023 06:59:45 Admin : Dinas Komunikasi dan Informatika
Editor : Dinas Komunikasi dan Informatika

Rapat dipimpin oleh Camat Binuang, bersama Sekcam, Kasi Pemerintahan, Kasi Ekonomi, Kasi Pembangunan dan Kasi Trantib, bertempat di Aula Kecamatan Binuang ,Jumat(20/01).

Di hadiri oleh Lurah dan Seklur Kelurahan Binuang, Karangan Putih dan Raya BelantiKades dan Sekdes Tungkap, Mekar Sari, Gunung Batu, Kades A. Yani Pura, (min Sekdes) Sekdes Padang Sari (min Kades) 

Menyampaikan kepada Kelurahan dan desa bahwa dinas kominfo punya inovasi yang berkaitan dengan sistem pelaporan kegiatan yang dilakukan di desa, kelurahan dan kecamatan. Dimana kegiatan yang dilaksanakan akan di ekspos bagian kominfo agar bisa di ketahui oleh masyarakat luas, sistem pelaporan kegiatan tersebut dengan cara mengirimkan foto, disertai keterangan nama kegiatan, hari, tanggal dan tempat kegiatan dilaksanakan, bisa di kirim setiap hari atau per 3 (tiga)hari sekali, maka agar mempermudah kordinasi akan dibuat group WA, jd tiap kelurahan dan desa menunjuk satu petugas sebagai admin kordinator/operator humas yang akan dimasukkan dalam group WA. Beberapa poin utk penekanan yg disampaikan Bpk Camat Binuang diantaranya :

1). diingatkan bahwa setiap Kelurahan dan desa harus mengumpulkan pelaporan jumlah penduduk dan angka kematian setiap bulan, kemudian melihat dari hasil studii tiru di Kota Malang bahwa juga diperlukan pendataan terhadap ibu hamil diatas 5 bulan dan kelengkapan surat2 yang dimiliki terkait proses persalinan nanti,agar dapat memperoleh pelayanan kesehatan. 

2). diingatkan kepada Kelurahan dan Desa agar mengumpulkan setiap bulan update data penerima bansos, BPNT, PKH dan BLT termasuk BLT Dana Desa

3). Linmas di Kelurahan dan Desa harus diaktifkan kembali apalagi menjelang pemilu dan akan dibenahi dr segi sistem dan administrasi,salah satunya dr insentif apabila sistem terdahulu linmas mendapatkan honor setiap ada kegiatan, maka untuk tahun ini diusahakan ada insentif perbulan,maka perlu dikoordinasikan untuk sumber pembiayaannya, namun dr segi administrasi juga akan ada pembenahan sehingga memungkinkan untuk mendukung perubahan penerimaan honor tersebut.

4). untuk masalah sampah sudah ada koordinasi dengan dinas Satpol PP untuk menugaskan anggotanya dalam menertibkan dan mengawasi pembuangan sampah,kemudian koordinasi dengan DLH dalam pengangkutan dr TPS ke TPA. kedepannya pengelolaan sampah diharapkan bisa diselesaikan di kelurahan dan desa masing2 dengan membuat TPS, pengadaan armada angkut (Tosa) dan honor petugas yang dilaksanakan secara mandiri. tapi hal ini harus benar2 terpantau agar tidak menambah titik tumpukan sampah apabila TPS yang ada tidak dapat dikelola dengan baik. 

5). mengingatkan kembali kepada Desa dan Kelurahan agar aset desa dan Kelurahan benar2 didokumentasikan dengan baik, agar mempermudah dalam proses pertanggung jawaban. 

6). Dari pihak Kecamatan Binuang akan mengadakan Monev ke Desa dan Kelurahan terkait administrasi Desa dan Kelurahan, program ketahanan pangan, dan juga terkait aset Desa dan Kelurahan, sehingga bisa dipantau apa saja yang harus diperbaiki dan dilengkapi. 

7). Untuk pajak penghasilan perangkat desa sebaiknya dipotong langsung oleh bendahara agar menghindari terjadinya tunggakan pembayaran pajak.

8). untuk pendataan pelaku ekonomi atau pengusaha muda dengan batas usia 16-30 tahun, apabila tahun ini sudah menginjak usia 31 tahun, harap datanya di update, karena data Pengusaha Muda harus sesuai dengan persyaratan usia yg ditentukan.

Camat Binuang (Eko Haryono, SE.,MM) Sekcam (H. Henderiyanoor Efendi, S. Kep. Ners. MM), Kasi Pemerintahan ( Esti Sapto Rini, SP., MM), Kasi Ekonomi ( Hj. Aminah, S. Pd., MM), Kasi Pembangunan (Edy Trirahmady, S. Pd. I), dan Kasi Trantib (Maya Rahman, S. Kep. Ners)