Membangun Kesadaran Data untuk Pembangunan Berkelanjutan

01 September 2024 11:04:22 Admin : Dinas Komunikasi dan Informatika
Editor : Dinas Komunikasi dan Informatika

Rantau,- Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari para kepala perangkat daerah dan jajaran selaku produsen data mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar pada tanggal 29-30 Agustus 2024 di Banjarbaru.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya data dalam pembangunan berkelanjutan Indonesia, memberikan wawasan mendalam mengenai konsep Satu Data Indonesia, dan menunjukkan peran strategis produsen data dalam pembangunan daerah.

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Tapin M. Syarifuddin Mpd dan menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten dari berbagai instansi, yaitu Bapak Tarwin Patik Mustafa, S.KOM., MM., Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan; Bapak Theodorik Rizal Manik, ST, M.SC., Plt. Kepala Bidang P2EPD Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan; Bapak Irwan Ari Danu, ST, M.ENG., Perencana Ahli Muda Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan; dan Bapak Zulfan Radmi, ST, M.ENG., Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian BAPPELITBANG Kabupaten Tapin.

Selama dua hari pelaksanaan, peserta diberi bekal pengetahuan mengenai perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan, dan penyebarluasan data. Harapannya, setelah mengikuti bimtek ini, peserta akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan kemampuan yang lebih baik dalam pengelolaan data.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, akan dilakukan langkah-langkah pengumpulan dan penginputan data statistik sektoral daerah dalam sistem e-Walida SIPD RI untuk memastikan data yang dikumpulkan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam perencanaan pembangunan di masa mendatang.