Orientasi Program Desa Cerdas di Desa Waringin

15 September 2024 02:21:33 Admin : Dinas Komunikasi dan Informatika
Editor : Dinas Komunikasi dan Informatika

RANTAU,- Orientasi ruang komunitas digital desa (RKDD) diadakan untuk mengenalkan program Ruang Komunitas Digital Desa ke warga desa Waringin, Kecamatan Bakarangan. Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) merupakan wadah warga desa (komunitas desa) untuk berdiskusi, berinovasi membangun desa melalui pendekatan pembangunan dan pemberdayaan dengan memanfaatkan teknologi khususnya dalam merespon Era Industri 4,0.

RKDD hadir di desa melalui Program Desa Cerdas (Smarth Village) dari Kementrian Desa, Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi. Kegiatan Orientasi RKDD yang dihadiri Kasipem Bakarangan, Kepala Desa, PD dan PLD serta masyarakat desa waringin serta mengundang tokoh masyarakat, BPD, Kader Desa, Kelompok Tani, BUMDES dan UMKM dan dihadiri duta digital dan kader digital Tapin.

"Program Desa Cerdas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dasar dan pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas masyarakat dalam pemanfaatan teknologi secara efektif. Pengembangan Desa Cerdas didasarkan pada berbagai bentuk inisiatif lokal/kreativitas lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan desa".

Demikian apa yang di paparkan Lisdayanti sebagai Duta Digital Tapin usai melaksanakan orientasi program desa cerdas di desa Waringin pada  Selasa, 10 September 2024, baru - baru tadi.